Monday, December 11, 2017

Picture Style Flat atau Warna Rata Untuk Canon DSLR.


Halo Brother Fotografer, Kali ini Saya Ingin saya ingin berbagi mengenai picture style pada Kamera, kebetulan saya menggunakan Canon DSLR, saya akan berbagi teknik agar membuat warna picture style lebih Rata pada Kamera dan saat kita menggunakan Preset pada Adobe Lightroom foto Kita akan Lebih menyatu warnanya.

Mungkin Brother Fotografer mengalami saat melakukan editing foto (olah digital) di komputer, terkadang tidak puas dengan warna foto yang dihasilkan dari kamera. Mungkin anda tidak puas dengan foto yang terlalu kontras, terlalu soft kurang tajam, warnanya kurang ‘jreng’ atau tone yang tidak sesuai dengan maunya kita. Masih ingat kan betapa merepotkan melakukan itu semua, terlebih kalau foto yang ingin diedit lumayan banyak. Padahal kita bisa menghindari kerepotan seperti itu bila mau memanfaatkan fasilitas pengolahan digital yang disediakan di dalam kamera DSLR.

Keuntungan era fotografi digital salah satunya adalah kemudahan untuk mengolah secara digital setiap foto yang dihasilkan oleh kamera, bahkan sebelum foto diambil kita sudah bisa menentukan akan dibuat seperti apa ‘gaya’ yang kita sukai, misalnya seberapa tajam, seberapa kontras dan seberapa pekat warna yang akan kita inginkan. Hal semacam ini dinamakan Picture Style pada kamera Canon.


Picture Style pada kamera Canon merupakan fitur yang memungkinkan kita mengatur parameter gambar yang akan diambil dan disimpan dalam format JPG. Jadi pengaturan ini tidak akan berpengaruh apabila kita memotret memakai format file RAW.

Parameter Picture Style dasar berikut ini :
  • Sharpening (ketajaman) : trik manipulasi digital untuk membuat gambar tampak lebih tajam
  • Contrast (kontras) : seberapa lebar perbedaan antara area terang dan gelap dari sebuah gambar
  • Saturation (kepekatan warna) : seberapa pekat warna dalam sebuah gambar
  • Brightness (keterangan) : pengaturan tingkat keterangan / kecerahan dari sebuah gambar
  • Hue (tonal warna) : pergeseran warna untuk pengaturan akurasi warna yang lebih presisi
Pihak produsen kamera Canon Juga  sudah menyediakan preset yang sudah dioptimalkan untuk digunakan: 

  • Standard : hasil foto dengan ketajaman, kontras dan saturasi yang dinaikkan sampai batas yang bisa diterima secara umum (pilihan ini juga menjadi style default dari kamera)
  • Portrait : dioptimalkan untuk menghasilkan tonal kulit manusia lebih akurat, brightness di set lebih tinggi dengan ketajaman yang cenderung kurang (agak soft) guna mencegah kerutan atau jerawat di wajah terlalu tampak jelas
  • Landscape : dioptimalkan untuk foto pemandangan dengan ekstra ketajaman dan ekstra kontras dan ekstra peningkatan warna di daerah hijau dan biru sehingga foto pemandangan nampak lebih ‘hidup’
  • Vivid (hanya di Nikon) : meningkatkan kepekatan warna menjadi lebih kuat daripada warna aslinya, juga meningkatkan ketajaman dan kontras untuk hasil foto yang lebih berwarna dibanding warna aslinya
  • Neutral : hasil foto tidak diolah, semua kendali dibuat flat sehingga memudahkan untuk diolah lagi di komputer
  • Faithful (hanya di Canon) : hampir seperti Standard namun kamera berusaha menjaga warna tetap se-alami warna aslinya (kalau di standard saturasi warna sudah lebih ditingkatkan)
  • Monochrome : dengan menghilangkan elemen warna, didapatlah foto dengan gradasi warna hitam putih (grayscale) untuk kebutuhan tertentu, dimana pengaturan ketajaman dan kontras akan berpengaruh pada nuansa hitam putih yang ingin ditonjolkan.

Jadi Itu mengenai Picture Style Tapi bagaimana Ketika Ketika ingin Menggunakan Picture Style yang lebih Flat atau Warna Rata, Kamu Bisa menginstal picture style pada kamera kamu pada 3 slot picture style yang tersedia pada kamera.


  1. Langkah Pertama Kamu Harus dulu Mendownload Dulu Picture Style Flat bernama Cinestyle Picture Style di Website Resminya : LINK
    Silahkan Registrasi dan Anda Akan mendapat link Download di Email Setelah Registrasi
  2. Pastikan udah punya software EOS Utility yang disediain pada CD yang dikasih saat pembelian  kalo belum ada silahkan di install dahulu, kalo ga punya CD nya download ajaSambungkan Kamera Kamu ke komputer dengan kabel USB yang sudah di sediakan dalam box kamera mu.
  3. Sambungkan Kamera Kamu ke komputer dengan kabel USB yang sudah di sediakan dalam box kamera mu.
  4. Setelah Kamera kamu telah tersambung ke komputer silahkannya nyalakan kamera kamu. putar ke mode M atau disebut MANUAL
  5. Buka aplikasi “Canon Utility” pada komputer kamu, dan pilih opsi “Camera settings/Remote shooting” (Pastikan kamera kamu sedang di Mode Manual) 
  6. SKlik pada opsi berlambang kamera, dan double klik pada “Register User Defined Style”
  7. Browse Picture Style yang anda inginkan dan tekan Ok
  8. Untuk mengganti Picture Style anda tinggal mem ”browse” file Cinestyle Picture Style yang telah kamu download dan klik OK
  9. Cabut Kabel USB nya dari kamera kamu. Matikan kamera kamu, dan hidupkan kembali dan silahkan cari menu Picture Style Cinestyle Flat di Kamera Kamu.

Setelah itu cobalah untuk foto dan warna foto anda akan rata, selanjutanya masukan pada Adobe LightRoom.

Dan Inilah Hasil Foto Flat dan Yang Telah di Kasih Preset Pada Lightroom.


Kalo Kamu Merasa Susah untuk mendapatkan Picture Style ini Silahkan
Klik Suka Fanpage Facebook Kami dan Kirimkan Pesan
Kami Akan Segera Membalasnya.

Terima Kasih :)







1 komentar:

Great with detailed information. It is really very helpful for us.
Village Talkies a top-quality professional corporate video production company in Bangalore and also best explainer video company in Bangalore & animation video makers in Bangalore, Chennai, India & Maryland, Baltimore, USA provides Corporate & Brand films, Promotional, Marketing videos & Training videos, Product demo videos, Employee videos, Product video explainers, eLearning videos, 2d Animation, 3d Animation, Motion Graphics, Whiteboard Explainer videos Client Testimonial Videos, Video Presentation and more for all start-ups, industries, and corporate companies. From scripting to corporate video production services, explainer & 3d, 2d animation video production , our solutions are customized to your budget, timeline, and to meet the company goals and objectives.
As a best video production company in Bangalore, we produce quality and creative videos to our clients.

Post a Comment